Minggu, 14 Juni 2015

Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

Salah satu faktor penentu suksesnya anda menjalani ibada puasa selama bulan suci Ramadhan adalah makanan atau masakan apa yang disantap setiap hari. Inilah yang terkadang diabaikan oleh masyarakat karena mereka mengutamakan enaknya saja dibanding sehatnya.

Tapi jangan kira tidak ada makanan enak yang sehat, pilihan menu Ramadhan yang sehat dan enak itu banyak sekali bahkan bisa dibuat dengan mudah di rumah. Resep yang digunakan pun bervariasi, ada yang mudah, sederhana hingga rumit. Uang atau biaya untuk membuatnya pun bermacam-macam, dari yang murah meriah hingga yang menguras kantong jauh ke dalam 🙂

Pada saat malam adalah waktu yang tepat untuk mengisi perut dengan amunisi yang tepat pula. Bergizi tinggi dan tidak membuat anda merasa ngantuk dan lemas adalah pertimbangan yang sangat penting dalam pemilihan menunya. Sekarang kita awali dengan daftar menu sahur sehat selama Ramadhan yang bisa anda coba.

Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat di Bulan Ramadhan
menu favorit saat sahur dan buka puasa
Pertama untuk sahur tentu perlu memakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat seperti nasi, kentang dan lainnya. Kemudian yang kedua adalah mengkonsumsi sayuran hijau yang juga penting selain untuk tenaga juga untuk kesehatan. Lalu yang terakhir adalah buah-buahan wajib juga selain kue-kue manis. Ingat porsinya jangan terlalu banyak karena kekenyangan bisa membuat anda pusing keesokan harinya apalagi kalau langsung tidur setelah sahur itu sangat buruk dan wajib dihindari.

Menu-menu yang banyak dimakan misalnya capcay sayur dicampur seafood seperti udang atau cumi-cumi. Kemudian perkedel jagung+udang juga enak, bagi yang suka tempe dan tahu boleh mengkreasikan masakannya dari dua bahan murah tapi bergizi tersebut. Kare ayam kentang juga enak, mudah pula dibuat karena hanya berbekal santan dan juga lengkuas secukupnya. Untuk buahnya bisa makan pisang, namun lebih bagus lagi kalau buah kurma secukupnya. Ingat saat sahur selalu secukupnya, jangan berlebihan intinya.

Kemudian setelah menjalani seharian berpuasa dengan menu sahur agar tidak cepat lapar saat berpuasa tadi yang memadukan karbo, sayuran, buah dan ditutup dengan minum air putih sesuai kebutuhan. Selanjutnya adalah pilihan menu buka puasa yang sehat, segar dan enak. Kalau berbicara menu takjil, maka pilihannya jauh lebih banyak dibanding makan sahur tadi. Yang terpenting adalah asupan makanan itu tidak menggangu pencernaan karena akibatnya bisa gagal berpuasa keesokan harinya kalau salah pilih daftar menu.

Yang pertama disantap saat berbuka puasa bukan makanan tapi lebih baik minum atau kue yang manis-masnis dan lebih afdol lagi kalau kurma dua biji lalu mengerjakan shalat Magrib. Salah sat menu favorit saat berbuka puasa adalah es pisang ijo yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Kalau sempat membuat es buah makin mantap lagi, tapi es cendol juga tak kalah nikmatnya karena manis dari gula merahnya sangat baik ditambah santan alami dari kelapa. Ingat untuk tidak berlebihan mengkonsumsi es batu pada saat buka puasa, itu bisa membuat anda menjadi flu.

Masuk ke menu utama dengan masakan favorit di bulan Ramadhan seperti Ikan Bakar, Ayam Goreng Kentucky, Opor Ayam, dan lainnya. Sebenarnya banyak variasi yang bisa anda buat, dan menu sea food serta olahan dari bahan utama ayam banyak diterapkan oleh ibu-ibu di rumah. Sebagai penutup, ingat untuk menambahkan buah-buahan seperti Apel, Jeruk atau Pisang dan lebih nikmat lagi kalau ada jus buah. Jus buah yang favorit adalah alpukat, wortel abhakn tomat yang nilai gizinya lumayan tinggi. Intinya untuk menu buka puasa pada saat berbuka adalah yang manis-manis dan berair untuk menutupi kekurangan tenaga dan cairang yang habis selama seharian menjalankan ibadah wajib di bulan Ramadhan tersebut.
Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat di Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh