Senin, 19 September 2016

Kenali Kinerja GPS dan Fungsinya

Sebenarnya apa itu GPS atau Global Positioning System? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa fungsinya? Dilihat dari pengertiannya, secara singkat Global Positioning System adalah sebuah sistem navigasi yang dibantu sinyal satelit untuk menentukan suatu letak di permukaan bumi secara instan. Teknologi canggih ini sudah dapat kita rasakan melalui aplikasi di smartphone kita, baik itu Iphone maupun Android.

Sistem navigasi satelit ini sangatlah berguna kala kita tersesat atau ingin mencari lokasi seseorang atau daerah tertentu. Dengannya, kita bisa mengetahui lokasi di mana kita berada, seseorang atau suatu wilayah dengan cepat. Selama ada satelit yang mengorbit di bumi, kita bisa memanfaatkan sinyalnya yang memancar ke bumi, untuk ditangkap oleh alat penerima sinyal (Trakker) yang ada dalam perangkat Global Positioning System.

Kinerja GPS

Cara kerja GPS cukup kompleks. Walau satelit berperan penting dalam membantu kinerja sistem navigasi ini, masih ada perangkat lainnya yang mensupport sistem navigasi satelit agar berjalan dengan baik, yaitu:

- Control Segment—fungsinya menangkap sinyal dari satelit dan mengoreksinya, untuk kemudian dikembalikan lagi ke satelit dalam bentuk data empiris yang nantinya akan dikirim ke alat navigasi yang kita miliki.
- Space segment—jaringan satelit yang merupakan kumpulan beberapa satelit orbit lingkarannya berada di sekitar 20.183 km di atas permukaan bumi.
- User segment—berupa antena dan prosesor yang menerima sinyal satelit lewat radio untuk memberikan informasi tentang ketepatan waktu, positioning dan kecepatan pada penggunanya.

Global Positioning System menurut sebuah buku berjudul Location Based Service, disebut sebagai sistem navigasi yang memanfaatkan satelit agar dapat menyediakan informasi suatu posisi, kecepatan serta waktu di hampir seluruh permukaan bumi secara instan. Karena mencakup wilayah, percepatan dan waktu, sistem navigasi ini pun difungsikan untuk beberapa keperluan, antara lain:

1. Mendukung sistem pertahanan khususnya dalam perang, seperti memantau pergerakan musuh hingga membantu mengarahkan arah bom agar sesuai dengan tepat sasaran.
2. Menunjukkan arah serta petunjuk secara digital saat berkendara, sehingga perjalanan akan aman terkendali.
3. Membantu dalam pembuatan peta dan mengukur panjang jarak perbatasan suatu wilayah.
4. Untuk mengetahui titik koordinat suatu benda atau melacak kendaraan yang bergerak.
5. Sebagai pemantau gempa dengan melihat akurasi pergerakan tanah di bumi, sehingga bisa memperkirakan letak di mana gempa terjadi.

Nah, secara singkat kita sudah mengulas pengertian, kinerja sekaligus fungsi GPS yang tidak hanya sebagai alat navigasi tetapi bisa juga dimanfaatkan di bidang militer dan geologi. Setelah lebih tahu tentang sistem navigasi satelit ini, tinggal seberapa bijak kita memanfaatkannya demi kepentingan sendiri maupun bersama. Karena, pada perkembangannya, alat canggih buatan Amerika Serikat ini sudah bisa kita manfaatkan melalui ponsel pintar kita.
Kenali Kinerja GPS dan Fungsinya
4/ 5
Oleh