Jumat, 10 November 2017

Teknik dan Strategi untuk Menang dalam Lomba Mewarnai

Menggambar ataupun mewarnai itu dapat muncul dari bakat dalam diri seseorang tetapi hal itu bukan berarti kalau kedua hal tersebut tidak bisa dipelajari. Sebagai orang tua yang melihat anaknya mempunyai bakat tersebut tentu harus mendukung dengan menyediakan perlengkapan gambar dan mewarnai dengan baik. Misalnya dari pensil warna atau crayon faber castell, buku gambar, atau alat lainnya yang sering digunakan dalam kegiatan tersebut. Atau bahkan orang tua bisa memasukkan anak pada tempat yang khusus dan fokus belajar menggambar dan mewarnai. Secara tidak langsung bakat anak akan semakin terasah dan mereka akan lebih paham mengenai bakat tersebut.

Jika anak mengikuti pelatihan atau sejenis les yang fokus mengenai lukis tentu akan banyak teknik yang diajarkan. Dengan begitu saat akan melakukan berbagai perlombaan anak akan lebih paham teknik dan strategi apa yang digunakan supaya dapat memenangkan perlombaan tersebut.

Crayon faber castel


Berikut ini ada beberapa teknik ataupun strategi yang dapat orang tua ajarkan kepada anak, antara lain:

Timing
Pertama orang tua harus mendampingi anak dalam apapun kegiatan mereka terutama saat belajar. Untuk mengasah bakat menggambar anak Anda dapat membiasakan untuk dapat menyelesaikan pengerjaan karyanya dalam waktu kurang lebih 1-1,5 jam. Waktu itu biasanya digunakan dalam waktu perlombaan yang diberikan oleh panitia. Secara tidak langsung anak akan terbiasa dalam waktu pengerjaan yang setidaknya sama atau mungkin lebih cepat.

Paper works
Dalam keseharian anak tentu akan lebih terbiasa menggunakan ukuran kertas gambar yang lebih kecil dari ukuran kertas pada saat perlombaan berlangsung. Maka dari itu Anda sebagai orang tua harus membiasakan untuk melatih anak supaya tidak merasa canggung jika pada perlombaan dihadapkan dengan kertas gambar yang lebih besar.

Pewarnaan baik
Jangan sampai orang tua hanya menyediakan crayon faber castell atau pensil warna saja saat pembelajaran dirumah tanpa pernah mengoreksi hasilnya. Tetap dampingi anak dan beri masukkan, pastikan bahwa kertas gambar akan penuh dengan pewarnaan. Jangan biarkan satu bagian saja putih karena tanpa warna. Karena gambar akan terlihat lebih rapi dan bagus jika saat pewarnaan juga baik.

Teknik gradasi
Ajarkan kepada anak untuk membuat hasil gambaran yang lebih menarik dengan teknik gradasi yang dari terang ke gelap, tebal ke tipis atau lainnya. Sudah dipastikan hasil gambaran akan terlihat lebih indah jika tepat dalam menggunakan teknik tersebut.

Punching color
Ini juga merupakan salah satu teknik pewarnaan yang dapat membuat hasil gambaran semakin terlihat bagus. Ini adalah teknik yang dilakukan dengan cara menekan pada bidang yang telah diwarnai menggunakan benda tumpul atau pensil warna. Dalam teknik ini dipasaran sendiri sudah ada salah satu merk pensil warna yang dapat digunakan. Anda dapat menemukan disalah satu situs belanja online terpercaya ataupun toko konvensional yang menawarkan berbagai alat tulis.

Eraser dan tissue
Tidak boleh ketinggalan Anda harus menyediakan penghapus yang sering diperlukan untuk melakukan penghapusan warna yang dianggap tidak perlu. Untuk tissue sendiri dapat digunakan sebagai pembersih ampas yang sering menempel pada bagian ujung pewarna.

Itulah beberapa teknik dan strategi dasar yang digunakan dalam proses pembuatan gambar dan juga pewarnaan. Untuk pemilihan merk crayon faber castell ataupun alat lainnya yang digunakan sendiri tidak boleh sembarangan. Seperti yang diketahui sekarang ini banyak produsen pewarnaan yang mengeluarkan berbagai jenis produk. Untuk meningkatkan bakat bisa dilatih sesering mungkin supaya dapat sukses setiap mengikuti perlombaan gambar.
Teknik dan Strategi untuk Menang dalam Lomba Mewarnai
4/ 5
Oleh